Selasa, 29 Mei 2012

Pengertian Kernel Linux Bab 2

Pengertian Kernel Linux Bab 2 ,Kernel Linux pertama yang dipublikasikan adalah versi 0.01, pada tanggal 14 Maret 1991. Sistem berkas yang didukung hanya sistem berkas Minix. Kernel pertama dibuat berdasarkan kerangka Minix (sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum). Tetapi, kernel tersebut sudah mengimplementasi proses UNIX secara tepat,Pada tanggal 14 Maret 1994 dirilis versi 1.0, yang merupakan tonggak sejarah Linux. Versi ini adalah kulminasi dari tiga tahun perkembangan yang cepat dari kernel Linux. Fitur baru terbesar yang disediakan adalah jaringan. Versi 1.0 mampu mendukung protokol standar jaringan TCP/IP. Kernel 1.0 juga memiliki sistem berkas yang lebih baik tanpa batasan-batasan sistem berkas Minix berikut tentang Pengertian Kernel Linux Bab 2

Pengertian Kernel Linux Bab 2 , Sejumlah dukungan perangkat keras ekstra juga dimasukkan ke dalam rilis ini. Dukungan perangkat keras telah berkembang termasuk diantaranya floppy-disk, CD-ROM, sound card, berbagai mouse, dan keyboard internasional. Dukungan juga diberikan terhadap modul kernel yang loadable dan unloadable secara dinamis.Satu tahun kemudian dirilis kernel versi 1.2. Kernel ini mendukung variasi perangkat keras yang lebih luas. Pengembang telah memperbaharui networking stack untuk menyediakan support bagi protokol IPX, dan membuat implementasi IP lebih lengkap dengan memberikan fungsi accounting dan firewalling. Kernel 1.2 ini merupakan kernel Linux terakhir yang PC-only. Konsentrasi lebih diberikan pada dukungan perangkat keras dan memperbanyak implementasi lengkap pada fungsi-fungsi yang ada.

Pada bulan Juni 1996, kernel Linux 2.0 dirilis. Versi ini memiliki dua kemampuan baru yang penting, yaitu dukungan terhadap multiple architecture dan multiprocessor architectures. Kode untuk manajemen memori telah diperbaiki sehingga kinerja sistem berkas dan memori virtual meningkat. Untuk pertama kalinya, file system caching dikembangkan ke networked file systems, juga sudah didukung writable memory mapped regions. Kernel 2.0 sudah memberikan kinerja TCP/IP yang lebih baik, ditambah dengan sejumlah protokol jaringan baru. Kemampuan untuk memakai remote netware dan SMB (Microsoft LanManager) network volumes juga telah ditambahkan pada versi terbaru ini. Tambahan lain adalah dukungan internal kernel threads, penanganan dependencies antara modul-modul loadable, dan loading otomatis modul berdasarkan permintaan (on demand). Konfigurasi dinamis dari kernel pada run time telah diperbaiki melalui konfigurasi interface yang baru dan standar,Pada bulan Juni 1996, Linux 2.0 memperkenalkan komponen pertama yang menyediakan dukungan multi-prosesor – dan maskot Tux dirancang oleh Larry Ewing. Kernel.org, masih menjadi rumah resmi dari source kernel dan Linux Kernel Mailing List (LKML) menjadi tempat berdiskusi bagi hacker kernel, dimulai pada Maret 1997. Selama pengembangan Linux 2.1 pada September 1998, muncul potensi perpecahan di antara para pengembang:

Torvalds tidak lagi mampu mengintegrasikan semua atch yang diajukan ke kernel source, banyak programmer merasa frustrasi dan pengembangan berada dalam bahaya perpecahan  Namun, situasi tersebut dapat diredam oleh pengembang berpengalaman seperti Alan Cox dan Ted Y. Ts’o, memulai pengiriman “prefilter” dan membebaskan Torvalds karena harus menguji setiap patch utuk dirinya sendiri; dan itu masih berlaku hingga sekarang. Pada tahun 2002, kisah “Linus does not scale” berulang. Kali ini, para pengembang menemukan solusi teknis dengan lebih memfungsionalkan sistem menejemen source code Bitkeeper yang diganti oleh sistem kontrol versi Git tiga tahun kemudian; yang ditulis oleh Torvalds sendiri, Git sejak saat itu telah menjadi standar dalam dunia open source.

Linux 2.2 dirilis pada Januari 1999. Pada saat itu, kernel dijalankan dengan sangat mulus pada mesin SMP sampai dengan empat prosesor, menawarkan manajemen memori yang lebih efisien, dukungan IPv6 dan termasuk kinerja tinggi kode firewall – jarak antara itu dan pesaing Unix komersial telah menyusut. Para pengembang juga meningkatkan dukungan kernel untuk perangkat audio dan video. Dalam dua setengah tahun itu digunakan untuk mengembangkan Linux 2.2, banyak yang berubah di tingkat pengguna: KDE dan GNOME menawarkan antarmuka desktop grafis yang kemampuan lebih unggul dari window manager X11 tradisional. Versi Linux dari StarOffice dan Netscape Navigator 3 adalah titik awal untuk pengembangan program OpenOffice dan Mozilla. Oracle dan Informix memporting database mereka ke Linux pada tahun 1998. Cluster Beowulf pertama terdiri dari 68 komputer Alpha berhasil masuk dalam daftar Top 500 superkomputer tercepat di dunia pada tahun 1998 – sekarang, Linux digunakan pada lebih dari 80 persen dari semua superkomputer di dunia. Pada bulan Agustus 1998, Linus Torvalds nampak tersenyum di sampul majalah bisnis Forbes AS: Linux dan open source telah resmi menjadi proposisi bisnis yang layak. Vendor Hardware seperti Dell dan Hewlett-Packard mengumumkan ketersediaan server Linux. Perkembangan ini menimbulkan keributan di Microsoft: Dalam dokumen Halloween, Microsoft membahas pesaing baru dan kualitas mereka lalu mencoba untuk menentukan jawaban strategis untuk Linux, pada bulan April 1999, Laporan yang terkenal sebagai laporan Mindcraft dirancang untuk mengkonfirmasi inferioritas teknologi Linux. Pada tahun 2001, Microsoft mengadopsi pendekatan oposisi fundamental, mengklaim bahwa Linux adalah “kanker”, dan bahwa open source menghancurkan kekayaan intelektual.

Tentu saja, usaha itu tidak bisa menghentikan Unix untuk PC, yang telah lama menancapkan akarnya pada arsitektur x86. IBM mengumumkan sebuah inisiatif Linux skala besar dan di CeBIT 1999, SAP menyediakan sistem operasi bebas dengan menghadirkan versi Linux R/3 ERP suite. Porting Linux untuk komputer mainframe IBM S/390 (sekarang seri z) pada akhir tahun 1999 lebih menunjukkan fleksibilitas yang luar biasa sistem operasi bebas ini – beberapa analis cukup percaya bahwa Linux adalah penyelamat mainframe IBM.Namun, Linux juga mendapatkan popularitas di sisi lain dari skala hardware: Kembali pada tahun 1998, Compaq sudah menyajikan sebuah komputer genggam yang disebut Itsy yang berjalan di bawah Linux – dalam arti, ini adalah pendahulu dari smartphone modern Android dan tablet. Embedded Linux Konsorsium (ELC) didirikan pada bulan Maret 2000 merancang spesifikasi Linux Embedded.

Millenial Linux  Pergantian milenium adalah kesuksesan terbesar di Linux: Pada tahun 1999, Red Hat adalah perusahaan Linux pertama yang melaju dengan keberhasilan yang spektakuler; Harga saham melonjak empat kali lipat pada hari pertama perdagangan (tetapi secara substansial nilainya menurun lagi ketika gelembung .com pecah). Linux Profesional Institute (LPI) menerbitkan distribution-independent Linux exam pertama pada tahun 2000. Untuk mencegah Linux dari mengikuti Unix dan terpecah menjadi banyak versi yang tidak kompatibel, Free Standards Group didirikan untuk menciptakan sebuah standar Linux (Free Standards Group – seperti ELC – sejak saat itu telah dimasukkan ke dalam Linux Foundation). Pada Desember 2000, IBM mengumumkan keinginannya untuk menginvestasikan $1 miliar di Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut